Loading...
Selasa, 19 November 2013

APA ITU ORGANISASI?

Organisasi dan Administrasi Publik tidak akan pernah bisa dipisahkan. Karena Administrasi Publik mempelajari kebijakan yang dihasilkan pemerintah , sedangkan pemerintah itu sendiri adalah sebuah organisasi. Pengertian Organisasi itu sendiri adalah , merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu. Beberapa pendapat para ahli tentang definisi sederhana organisasi :
a.Organisasi menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
b.  Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
c. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Organisasi yang kita kenal selama ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu : Organisasi Formal dan Organisasi Non Formal. Secara definisi , yang membedakan dua jenis organisasi ini adalah bentuk kesadarannya. Organisasi Formal mempunyai kesadaran tinggi berkumpul dan bekerjasama karena mempunyai kepentingan dan tujuan yang sama , sedangkan Organisasi Non formal cenderung berkumpul tanpa menyadari bahwa mempunyai tujuan yang sama sehingga cenderungnya bentuk organisasi ini tidak diresmikan secara legal. Contoh Organisasi Non Formal : arisan ibu- ibu sekampung , belajar bersama anak - anak SD dan lain lain.
 Apabila dilihat dari definisi diatas , maka dapatlah dikatakan sebuah organisasi mempunyai unsur - unsur tertentu , antara lain sebagai berikut :
1. Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama
Organisasi adalah merupakan merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan tanpa adanya organisasi menjadi saat bagi orang-orang unutk melaksanakan suatu kerja sama, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaimana cara bekerja sama tersebut akan dilaksankan. Pengertian tempat di sini dalam ari yang konkrit, tetapi dalam arti yang abstrak, sehingga dengan demikian tempat sini adalah dalam arti fungsi yaitu menampung atau mewadai keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian umum, maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi buruh, organisasi wanita, organisasi mahasiswa dan sebagainya.
2. Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupaka proses kerja sama sedikitnya antar dua orang. Dalam praktek, jika kerja sama atersebut di lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi,mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.  
3. Jelas tugas kedudukannya masing - masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak hubngan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulan double pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan. 
4. Ada tujuan tertentu
Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cendrung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik.
       Kesimpulan , Organisasi adalah sekelompok orang ( dua orang atau lebih ) yang dengan kesadaran penuh atau tanpa sadar berkumpul , bekerjasama , berhubungan karena mempunyai tujuan yang sama. Sedangkan unsur - unsur yang dimiliki organisasi pada dasarnya adalah : Man atau orang - orang yang ada di dalamnya baik itu sudah berstruktur formal maupun non formal, Kerjasama di dalamnya , Tujuan bersama, Peralatan ( Equipment ), dan Lingkungan ( Environment ).
          



Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP